Advertisement here

Panduan Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan 2015

KATA PENGANTAR

Kami Ucapkan “Selamat Datang”
Kepada Peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015.

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2015 ini mengangkat tema: “Memperkuat Pelaku dan Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan Berkarakter Dilandasi Semangat Gotong Royong”. Dengan tema ini, seluruh peserta yaitu semua pengelola pendidikan dan kebudayaan (Pejabat Kemendikbud, Kepala Dinas, dan Praktisi Pendidikan)melakukan evaluasi dan koordinasi serta membangun komitmen untuk menuntaskan program prioritas pembangunan pendidikan dan kebudayaan. Dalam RNPK ini peserta juga akan merumuskan kebijakan-kebijakan aktual yang terkait dengan pembangunan pendidikan dan kebudayaan di masa akan datang.

Untuk mengefektifkan pelaksanaan RNPK 2015 akan diawali dengan arahan dari Presiden RI, Bapak Jokowi serta ajakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kepada pelaku pendidikan dan kebudayaan untuk terlibat secara aktif (public engagement)dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan. Di samping itu akan dilakukan bincang-bincang inspiratif dengan para peserta RNPK yang bertujuan memberikan motivasi dan membangkitkan gerakan semangat gotong royong dalam menyukseskan pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

Selain itu, untuk mencapai sasaran RNPK 2015 peserta akan mendapatkan sajian materi dari Menteri Dalam Negeri dan Pembicara tamu yang kemudian dilanjutkan dengan sidang komisi yang membahas topik tentang: (1)Kebijakan PAUDNI; (2)Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Pelaksanaan Wajib Belajar 12 Tahun; (3)Penguatan Kompetensi dan Kesejahteraan Guru; (4)Kurikulum, Buku, dan Ujian Nasional 2015; (5)Kebijakan Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa; (6)Kebijakan Pengembangan Kebudayaan; (7)Penguatan Tata Kelola, Peningkatan Efektivitas Birokrasi, dan Pelibatan Publik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir dan mengikuti acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan secara penuh, juga kepada semua panitia penyelenggara yang telah bekerja keras untuk suksesnya kegiatan ini. Apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan ini, kami menyampaikan permohonan maaf.

Selamat Berembuk.

Jakarta, 29 Maret 2015
Sekretaris Jenderal
Selaku Ketua Penyelenggara,


Ainun Na’im

download selengkapnya


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here