Advertisement here

Tanya Jawab tentang Ujian Nasional 2015


TANYA JAWAB UN
Kemdikbud RI
  1. Apakah benar Ujian Nasional (UN) tidak lagi berfungsi menentukan kelulusanku?
    Kabar baiknya untukmu, UN tidak lagi digunakan sebagai tes penentu kelulusanmu seperti yang berlaku selama 12 tahun terakhir. Fungsi UN tetap penting karena digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensimu dan salah satu dasar seleksi jenjang pendidikan yang Iebih tinggi. Hasil UN secara nasional juga menjadi salah satu alat pemetaan pendidikan.
  2. Bagaimana cara menentukan kelulusanku dari sekolah/satuan pendidikan?
    Kelulusanmu ditetapkan oleh rapat dewan guru di sekolahmu berdasarkan penilaian menyeluruh dan kelas 1 hingga kelas 3. Sekolah menentukan kelulusanmu berdasarkan nilal akhir sekolah yang terdiri atas nilal rapor dan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Sekolah bisa menetapkan proporsi mulai dan 50% nilai rapor + 50% nilal ujian sekolah hingga 70% nilal rapor + 30% nilai ujian sekolah. Kriteria dan proporsi kelulusan ini bisa ditanyakan Iebih lanjut ke sekolahmu.
  3. Apakah benar UN akan dilakukan secara online?
    Pada dasarnya untuk mayoritas sekolah sistem UN tahun ini tetap menggunakan kertas Lembar Jawaban Komputer (LJK). Namun, mulai tahun 2015 ini akan dilakukan perintisan UN berbasis komputer (bukan online) hanya bagi sekolah-sekolah yang sudah siap.
  4. Apakah soal UN ada yang berbentuk esai?
    Tidak ada. Saat ini, baik UN yang dikerjakan dengan kertas maupun komputer semua soalnya berbentuk pilihan ganda.
  5. Soal UN tahun 2015 dibuat berdasarkan kurikulum yang mana?
    UN tahun 2015 mengukur capaian kompetensi berdasarkan kurikulum yang digunakan oleh siswa kelas 3 SMP dan 3 SMA saat ini yaitu kurikulum 2006 atau dikenal juga sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Siswa SMA/MA akan mengikuti UN untuk 6 mata pelajaran, siswa SMK mengikuti 4 mata pelajaran, dan siswa SMP/MTs mengikuti 4 mata pelajaran.
  6. Apakah hasil UN berpengaruh dalam seleksi kejenjang pendidikanku selanjutnya?
    Hasil UN SMP/MTs digunakan sebagal pertimbangan untuk penempatanmu kejenjang SMA/SMK. Pengaturannya dilakukan oleh masing-masing provinsi. Sedangkan hasil UN SMA/sederajat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam seleksi mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penggunaan hasil UN dalam seleksi mahasiswa baru ditentukan oleh panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan rektor masing-masing PTN.
  7. Apakah sertifikat hasil UN tahun ini berbeda dengan tahun sebeIumnya?
    Tentunya ada beberapa perbedaan yang lebih bermanfaat. Mulai tahun ini sertifikat hasil UN menjadi lebih detail dalam memberikan gambaran capaianmu. Sertifikat hasil UN tidak sekadar menampilkan nilai setiap mata pelajaran. Namun juga menampilkan kategori Baik s/d Kurang serta nilal setiap sub-komponen mata pelajaran. Sertifikat yang detail ini diharapkan bisa memberi gambaran yang lebih lengkap untukmu, orangtua, guru, maupun sekolah untuk mengenali kekurangan dan kelebihanmu serta membantu melakukan perbaikan.
  8. Bagaimana jika nilaiku belum memenuhi standar kompetensi? Apakah akan diberikan kesempatan perbaikan?
    Ya, kesempatan perbaikan akan diberikan. Sesual dengan tujuan UN yaitu mendorongmu untuk tuntas mencapai standar kompetensi melalui proses belajar yang baik. Nilai standar kompetensi yang dikategorikan cukup adalah lebih dan 55. Untuk siswa yang nilainya 55 atau kurang, dan belum puas dengan hasilnya, bisa mengikuti ujian perbaikan hanya untuk mata pelajaran yang belum mencapai standar kompetensi tersebut.
  9. Kapan UN perbaikan akan dilaksanakan?
    Untuk tahun 2015, kamu bisa memperbaiki nilai mata pelajaran yang belum mencapal standar kompetensi dengan mengikuti UN perbaikan di tahun 2016. Mulai tahun 2016, kamu bisa mengikuti UN perbaikan di tahun yang sama karena UN akan dilaksanakan pada awal semester kedua di tahun terakhir.
  10. Selama menunggu UN perbaikan di tahun 2016, apakah aku bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang Iebih tinggi?
    Jika kamu telah dinyatakan lulus oleh sekolahmu dan diterima di jenjang pendidikan selanjutnya kamu tetap dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang Iebih tinggi.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Indaaaah
    Indaaaah 24 Juni, 2016 22:32

    Bagai mana memperbaiki biodata yang telah di kirim dalam mendaptar ujian nasional perbaikan

  • Indaaaah
    Indaaaah 24 Juni, 2016 22:33

    Bagai mana memperbaiki biodata yang telah di kirim dalam mendaptar ujian nasional perbaikan

Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here